Islam Indonesia



Yap islam Indonesia, bukan islam nusantara hehe
Maksutnya adl ajaran islam yg di ajarkan di sekolah2 umum di Indonesia. Yg merupakan bagian ajaran islam yg masih bersifat umum.

Misal aja yg dianggap bergama islam adl yg bersyahadat/ikrar = tiada tuhan selain Allah, dan Muhammad sbg utusan Allah.
dari syahadat ini, sbg kunci surga di akhirat nanti sekalipun masuk neraka dlu.
Sedang yg tdk bersyahadat diatas disebut kafir = masuk neraka abadi.
Lha orang yg hanya sekedar ber-KTP islam yg penuh maksiat aja di sebagian daerah matinya mendapat prosesi islami + diadakan tahlilan (utk memberi pahala), masih dianggap islam meski ntah masuk neraka bbrp ratus/ribu tahun (begitulah kira2 katanya)

trus untuk agar bisa masuk surga langsung, harus beramal dan ritual ini-itu sholat, puasa dll. Klo timbangan amal baiknya banyak akan masuk surga & begitu sebaliknya.

Kebanyakan ‘islam indonesia’ ini yg hanya mendapat pengetahuan islam dari sekolah dan sedikit dari lingkungan masyarakat masjid/mushola sekitar rumah, juga sebagian krn ikut2an lingkungan/teman.

Sedang pelajaran agama di sekolah indonesia sendiri sebelumnya sbg respon paham komunisme-atheis. Jadi mau ga mau peserta didik terpengaruh agama di sekolah.

Di Indonesia sendiri ada bbrp ormas/klompok islam yg mempunyai ciri khas satu sama lain. tdk jarang saling sindir dan bersinggungan dari yg ringan sampe yg berat/konflik fisik.

Dari klompok tadi, ada yg berpendapat masalah perbedaan biarlah suatu saat di adili di akhirat yg penting sama mengajarkan perbuatan baik, menjaga ritual2.
Ada juga yg saling mengkafirkan, ini-itu tidak sah/batal, tdk ber-syahadat di klompoknya batal = kafir, sehingga sholatnya, ritual2 lain sia2



Kebanyakan sudut pandang dlm berislam yg di pahami orang Indonesia/negara lain

Tentu diawali dengan syahadat, ntah dari lahir atau baru mualaf. Jika percaya tuhan hanya satu, dan muhamad adalah utusan tuhan. Itu adalah ‘kunci surga’ kelak di akhirat.
Meski sebagian ada yg masuk neraka dulu katanya.

Untuk mengurangi dosa, mengurangi waktu siksa di neraka. Setidaknya bisa beramal apakah dengan perbuatan atau ritual. Dan kalau amalnya lebih banyak dari pada dosanya bisa masuk surga langsung.

Misal ada yg terpengaruh pemahaman sbb : krn suatu kondisi orang itu tidak sholat, misal miskin, lingkungan tidak mendukung. Ya krn ‘doktrin’ yg pernah didapat ntah dari sekolah atau lingkungan. Juga krn factor ktp islam, yg bersangkutan tetap merasa islam meski mungkin akan masuk neraka dulu. Lha wong yg sholat & puasa aja, mungkin  tidak sedikit yg masuk neraka dlu.

Masalah2 perbedaan politik atau simpang siur lain, dihakimi di akhirat.
Seolah keyakinan semacam hubungan pribadi dengan tuhan yg ntah dilangit ato bisa dimana saja
 
Islam Indonesia Islam Indonesia Reviewed by SANG-GARDA on 18.40 Rating: 5

Tidak ada komentar:

Catatan: Hanya anggota dari blog ini yang dapat mengirim komentar.

Terimakasih atas kunjungannya. Diberdayakan oleh Blogger.